Rabu, 23 Desember 2009

Aroma Pemicu Rasa Kenyang Berhasil Diciptakan

Aroma Pemicu Rasa Kenyang Berhasil Diciptakan

Nurul Ulfah - detikHealth


img
Ilustrasi (Foto: herdaily)
Amsterdam, Hanya dengan mengunyah, seseorang bisa kenyang. Itulah penemuan terbaru yang berhasil dikembangkan peneliti Belanda. Ilmuwan menciptakan makanan dengan aroma yang bisa menekan rasa lapar.

Penemuan ini diharapkan bisa membantu mereka yang sulit mengontrol nafsu makan dan juga penderita obesitas.

Rianne Ruijschop dan rekannya sudah lama merancang makanan yang bisa mengatasi rasa lapar dan meningkatkan rasa kenyang tanpa menambah asupan kalori ke dalam tubuh. Dan akhirnya setelah beberapa tahun melakukan studi, makanan itu akhirnya terwujud.

Makanan itu akan memicu rasa kenyang karena selama mengunyahnya akan dilepaskan aroma yang mengandung molekul aktif yang dapat mengirim sinyal kenyang dan penuh ke otak.

"Jadi, hanya dengan mengunyah, perasaan kenyang pun sudah timbul," kata Ruijschop seperti dikutip dari Healthday, Selasa (22/12/2009).

Dalam studinya, Ruijschop menemukan bahwa aroma sintesis yang dibuatnya di laboratorium berhasil mempengaruhi otak seseorang untuk berhenti makan.

Meski sudah terbukti mengurangi rasa lapar pada beberapa panelis, tapi Ruijschop berharap bisa melakukan studi klinis dalam skala yang lebih besar.

Harapan lainnya adalah agar aroma pemicu rasa kenyang yang berhasil dibuatnya bisa diaplikasikan para produsen industri pangan guna menekan tingkat obesitas yang semakin hari semakin meningkat jumlahnya.

0 komentar:

Posting Komentar